Fungsi sebenarnya
adalah rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel, yang akan membantu
dalam proses perhitungan. kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.
Pada umumnya penulisan fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik berupa
angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda
kurung ().
Beberapa
Fungsi yang sering digunakan:
1.
Fungsi Average(…)
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata
dari sekumpulan data(range). Bentuk umum
penulisannya adalah =AVERAGE(number1,number2,…), dimana number1, number2, dan
seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya.
2.
Fungsi Logika
IF(…)
Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan
mempunyai kondisi tertentu. Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2,
jika tidak, maka akan bernilai 0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator
relasi (pembanding) seperti berikut ;
Lambang
|
Fungsi
|
=
|
Sama
dengan
|
<
|
Lebih
kecil dari
|
>
|
Lebih
besar dari
|
<=
|
Lebih kecil atau sama dengan
|
>=
|
Lebih besar atau sama dengan
|
<>
|
Tidak
sama dengan
|
3.
Fungsi Max(…)
Fungsi ini
digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk
umum penulisannya adalah =MAX(number1,number2,…),
dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan
dicari nilai tertingginya.
4.
Fungsi Min(…)
Sama halnya dengan fungsi max, bedanya fungsi min
digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data numerik.
5.
Fungsi Sum(…)
Fungsi SUM
digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum
penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1,number2,…).
Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan.
6.
Fungsi Left(…)
Fungsi left
digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks.
Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars).
Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah
kiri, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.
7.
Fungsi Mid(…)
Fungsi ini
digunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian tengah dari suatu teks.
Bentuk umum pemakaian fungsi ini adalah =MID(text,start_num,num_chars).
Artinya mengambil sejumlah karakter mulai dari start_num, sebanyak num_char.
8.
Fungsi Right(…)
Fungsi ini
merupakan kebalikan dari fungsi left, kalau fungsi left mengambil sejumlah
karakter dari sebelah kiri, maka fungsi mengambil sejumlah karakter dari
sebelah kanan teks.. Bentuk umum penulisannya adalah =RIGHT(text,num_chars). Dimana text adalah data yang akan diambil
sebagian karakternya dari sebelah kanan, num_chars adalah jumlah karakter yang
akan diambil.
9.
Fungsi HLOOKUP
dan VLOOKUP
Fungsi HLOOKUP
dan VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel secara horizontal (VLOOKUP)
atau secara vertikal (VLOOKUP). Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah :
=HLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Row_index_num,…)
=VLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Col_index_num,…)
Dari rumus
diatas, dapat dilihat bahwa bedanya hanya pada nomor indeksnya saja, kalau kita
pakai HLOOKUP, maka digunakan nomor indeks baris (Row_index_num), tapi kalu
pakai VLOOKUP digunakan nomor indeks kolom (Col_index_num). Nomor indeks adalah
angka untuk menyatakan posisi suatu kolom/baris dalam tabel yang dimulai dengan
nomor 1 untuk kolom/baris pertama dalam range data tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar