Jumat, 25 November 2011

Pengerian Ethernet card (LAN)

Ethernet card, atau sering juga di kenal sebagai kartu jaringan, network adapter, LAN adapter, atau NIC (Network Interface Card) adalah sebuah hardware komputer yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi melalui jaringan komputer. Ethernet card memberikan akses fisik ke media komunikasi jaringan komputer. Di samping itu, terdapat program kecil di Ethernet card yang menyediakan mekanisme komunikasi di lapisan bawah melalui alamat MAC. Hal ini memungkinkan pengguna untuk saling tersambung satu sama lain menggunakan kabel atau tanpa kabel menggunakan radio/wireless.

Ethernet merupakan salah satu kunci utama dalam membangun jaringan lokal yang biasa di kenal sebagai Local Area Network (LAN). Pada saat ini, jika kita membeli komputer baik laptop maupun desktop biasanya ethernet card sudah tersedia di dalamnya. Artinya tanpa perlu menambahkan ethernet card tambahan sebuah komputer dapat secara langsung di sambungkan ke jaringan ethernet lokal. Jika kita membutuhkan lebih dari satu buah ethernet card kita dapat menambahkan ethernet card tambahan seperti tampak pada gambar. Ethernet card tersambung ke motherboard komputer melalui beberapa cara,
● Terintegrasi, menjadi bagian (built-in) dari motherboard.
● Melalui sambungan PCI slot.
● Melalui sambungan ISA slot, sekarang sudah tidak digunakan lagi.
Beberapa teknologi yang di gunakan oleh Ethernet, yaitu,
● Fast Ethernet, mempunyai kecepatan 100 Mbps.
● Gigabit Ethernet, mempunyai kecepatan 1 Gbps.
● Optical Fiber, mempunyai kecepatan sampai 160 Gbps.
● Token Ring, mempunyai kecepatan sampai 100 Mbps.
Beberap kecepatan yang didukung oleh Ethernet, yaitu,
● 10 Mbps
● 100 Mbps
● 1000 Mbps
● sampai 160 Gbps
Pengertian Jaringa Lokal
Sebuah jaringan lokal atau lebih sering di kenal sebagai Local Area Network (LAN) adalah sebuah jaringan komputer yang melingkupi sebuah wilayah yang kecil, seperti rumah,kantor, sekelompok bangunan seperti sekolah, kampus. Teknik pembangunan LAN merupakan kunci utama untuk membangun RT/RW-net untuk memperoleh Internet murah di Indonesia. Karakteristik LAN berbeda cukup jauh dengan jaringan Wide Area Network (WAN) yang biasanya kita bangun menggunakan modem telepon. Perbedaan mendasar yang ada, antara lain,
● Kecepatan LAN jauh lebih tinggi, rata-rata 100Mbps.
● Wilayah yang dicakup lebih kecil.
● Tidak membutuhkan sarana komunikasi dari operator telekomunikasi, biasanya dapat di bangun sendiri oleh pengguna karena peralatan jaringan biasanya relatif murah dan tersedia di komputer.
Secara fisik peralatan jaringan yang banyak digunakan untuk membangun LAN adalah,
● Ethernet, untuk kecepatan tinggi.
● WiFi, untuk akses tanpa kabel. Biasanya digunakan untuk HotSpot atau untuk RT/RW-net. Sambungan kabel Ethernet yang digunakan mirip dengan kabel telepon, hanya saja kabel yang di bawa ada delapan (8) buah. Jenis sambungan ethernet ini di kenal sebagai RJ45. Proses pemasangan konektor RJ45 ke kabel LAN biasanya dibantu menggunakan alat crimping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar